Sekarang sudah menjadi kebiasaan banyak orang yang menggunakan kendaraan bermotor, ketika akan memulai perjalanan, sepeda motor terlebih dahulu ”dipanasi”, dengan membiarkan mesin menyala dalam jangka waktu yang bervariasi. Apalagi sepeda motor sudah didiamkan dalam waktu yang cukup lama. Namun untuk sepeda motor bertipe injeksi, memanasi mesin hendaknya tidak dibuat jadi agenda wajib.
menurut Pak Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), menjelaskan, sepeda motor bertipe injeksi sudah jauh lebih canggih ketimbang yang menggunakan karburator. Kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur dengan baik oleh Engine Control Module (ECM) dan tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi apalagi menggeber motor saat dipanasi. ”Cukup 30 detik dan maksimal 1 menit. Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia,” ujarnya.
Dengan cara memanaskan mesin tak lebih lebih dari satu menit, menurut Pak. Sarwono memberikan banyak keuntungan. Yang pertama, mesin sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik. Kedua, suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan, dan ketiga, efisien dalam penggunaan bahan bakar atau tidak banyak terbuang percuma saat dipanasi (lebih hemat bahan bakar).
”Kalau terlalu lamame manasi kendaraan, bensin terbuang sia-sia. Sayang, lebih baik dibuat jalan atau buat beli kuota internet. Lalu ada kemungkinan komponen lain seperti knalpot akan mengalami panas berlebihan. Bahkan bisa merusak cat knalpot tersebut,” jelasnya. Sarwono pun berani memberikan garansi sepeda motor injeksi tidak perlu dipanasi dan sudah siap diajak lari. Gejala ”brebet” ketika kurang panas pada motor injeksi, seperti yang sering dialami sepeda motor dengan karburator akan sangat jarang terjadi.
Salah satu bukti nyata, keberadaan tuas choke (motor lama) yang dulu dipasang untuk membantu ketika mesin sulit dihidupkan, kini sudah tak digunakan lagi di motor keluaran baru. Bahkan saat ini keberadaannya sudah cukup langka untuk sepeda motor model baru. Pak Sarwono pun mengatakan bahwa sepeda motor fuel injection tidak memerlukan choke ,karena sudah mempunyai sensor canggih yang mendeteksi suhu mesin, sehingga mudah dihidupkan.
Nah manteman itulah sekedar informasi tentang cara memanaskan motor yang benar,
Semoga bermanfaat...
No comments:
Post a Comment